Istana Bantah Skenario SBY Selamatkan SMI

Istana Bantah Skenario SBY Selamatkan SMI
Istana Bantah Skenario SBY Selamatkan SMI
JAKARTA— Berbagai spekulasi mencuat terkait mundurnya Sri Mulyani Indrawati (SMI) sebagai Menteri Keuangan dari KIB menyusul diterimanya jabatan sebagai Managing Director World Bank. Dari sekiat banyak spekulasi itu, yang paling gencar mencuat adalah kepergian SMI itu dikaitkan dengan skenario Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar 'anak emasnya' itu lepas dari jerat hukum dalam skandal bail out Bank Century yang merugikan negara Rp6,7 triliun itu.

Namun, pihak istana buru-buru membantah spekulasi itu. Melalui Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Radjasa menyebutkan bahwa mundurnya SMI tidak ada kaitannya dengan proses politik apalagi penyelamatan kasus Century. Hatta justru meyakinkan bahwa tawaran dari Presiden World Bank, Robert Zoellick kepada Presiden SBY sudah disampaikan sejak lama.

"Kita semua memang kaget akhirnya beliau mengundurkan diri. Namun sebenarnya indikasi permintaan World Bank pada Presiden sudah lama. Intensif sejak satu bulan lalu. Kemudian Menteri Keuangan mengajukan kepada Presiden untuk pengunduran diri dan Presiden SBY akhirnya menyetujuinya," jelas Hatta menceritakan kronologis mundurnya SMI di kalangan istana.

Hatta mengatakan, ada atau tidak ada SMI, Presiden SBY telah tegas mengatakan bahwa reformasi birokrasi yang diusung SMI, khususnya di Kementrian Keuangan tetap akan berjalan. Termasuk berbagai pondasi perubahan yang telah dilakukan ke arah yang lebih baik selama ini dirintis oleh SMI.

JAKARTA— Berbagai spekulasi mencuat terkait mundurnya Sri Mulyani Indrawati (SMI) sebagai Menteri Keuangan dari KIB menyusul diterimanya jabatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News