Istri Cawapres Ajak Masyarakat Peduli Kanker

Istri Cawapres Ajak Masyarakat Peduli Kanker
Nur Asia Uno. Foto: instagram nurasiauno

jpnn.com, JAKARTA - Istri calon wakil presiden Sandiaga Uno, Nur Asia Uno mengimbau masyarakat meningkatkan kepedulian untuk mencegah perkembangan penyakit kanker di Indonesia.

Nur Asia Uno menyampaikan hal itu dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia 2019 dan kegiatan Bakti Sosial serta Penyuluhan Penanggulangan Kanker bagi kaum ibu, khususnya yang bermukim di kawasan Cempaka Baru, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

"Saya mengimbau setiap anggota masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap pola hidup sehat dan melakukan deteksi dini kanker," ujar Nur Asia Uno.

Di hadapan lebih dari 100 emak-emak, Nur Asia menjelaskan bahwa penyakit yang tergolong sangat mematikan tersebut dapat dicegah dengan cara melakukan pola hidup sehat di keluarga dan lingkungan masing-masing.

"Dengan tingginya kasus kanker di Indonesia, baik terhadap kaum perempuan maupun laki-laki, maka sudah merupakan suatu keharusan bagi setiap orang untuk mencegah kanker dengan melakukan deteksi dini kanker dan menerapkan pola hidup sehat," ucapnya.

Nur Asia kemudian memaparkan data yang tercatat di GLOBOCAN 2018, dari 260 juta penduduk Indonesia terdapat hampir 350 ribu kasus kanker baru dan lebih dari 207 ribu kematian. Sementara jumlah prevalensi selama lima tahun lebih dari 775 ribu kasus.

"Pola hidup sehat dalam rangka mencegah kanker harus dijadikan komitmen setiap individu, sebab kanker dapat terjadi pada siapapun, dan hal ini lebih disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung karsinogen dan kurang berolahraga," tuturnya.

Nur Asia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya pada mitos-mitos tentang kanker. Lebih baik bertanya langsung kepada ahlinya, yaitu dokter. "Intinya, lebih baik mencegah daripada mengobati," pungkas perempuan yang kerap disapa Mpok Nur tersebut. (gir/jpnn)


Nur Asia Uno mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya pada mitos-mitos tentang kanker.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News