Istri Gayus Diduga Hilangkan Barang Bukti

Istri Gayus Diduga Hilangkan Barang Bukti
Istri Gayus Diduga Hilangkan Barang Bukti
JAKARTA---Harapan masyarakat agar kasus Gayus Tambunan diusut secara lengkap tampaknya sulit terwujud. Polri hanya fokus pada dugaan penyuapan yang dilakukan Gayus pada petugas rumah tahanan. Sedangkan, motif Gayus ke Bali dan pengusutan skandal penyuap Gayus dalam kasus pajak berjalan di tempat. "Saat ini memang masih fokus ke suap," kata Kabidpenum Mabes Polri Kombes Marwoto Soeto di Mabes Polri kemarin. Dia menyebut, untuk kasus Gayus sebelum diajukan ke persidangan sudah dikupas tuntas oleh tim independen yang sekarang sudah dibubarkan.

Pengacara Gayus, Adnan Buyung Nasution sebelumnya sudah menantang pihak penyidik Mabes Polri untuk menyelesaikan kasus Gayus secara utuh. Termasuk, mengusut siapa yang menyuap Gayus sehingga pecatan pns golongan III-A Dirjen Pajak itu bisa hidup bergelimang harta. "Sekarang perkara ini aneh, karena yang menyuap Gayus tak pernah disentuh," kata Buyung Kamis (18/11) lalu.   

Menurut Kombes Marwoto, saat Gayus diperiksa tim independen, keterangan tentang asal muasal uangnya sudah didapatkan. "Waktu pak Mathius (Irjen Mathius Salempang, mantan ketua tim independen) itu tentu sudah didalami," kata mantan Kapoltabes Samarinda itu.    

Pernyataan Marwoto itu menegaskan pernyataan Kabareskrim Komjen Ito Sumardi yang seakan lepas tangan tentang penyidikan penyuap Gayus. Pada wartawan Kamis lalu, Ito mengatakan, penyidik sudah menelusuri aliran dana dan mencari bukti-bukti yang dapat membuktikan adanya suap dari berbagai perusahaan ke Gayus. "Kita harus hati-hati dan harus cermat. Asas praduga tak bersalah harus kita kedepankan karena bagaimanapun, hal itu menyangkut kredibilitas seseorang atau lembaga yang harus dijaga penyidik," katanya.

JAKARTA---Harapan masyarakat agar kasus Gayus Tambunan diusut secara lengkap tampaknya sulit terwujud. Polri hanya fokus pada dugaan penyuapan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News