IT Pusat Tabulasi Dijebol?

IT Pusat Tabulasi Dijebol?
IT Pusat Tabulasi Dijebol?
JAKARTA - Dalam talkshow yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan BPPT di Flores Room, Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Minggu sore (12/4), ada penanya yang memprotes kepada KPU dan BPPT tentang dimungkinkan Informasi Technology (IT) Pusat Tabulasi Nasional KPU dijebol?. Intinya, ada pengunjung dari parpol yang protes tentang suara yang diperoleh partainya bisa berkurang.

Fahmi dari IT BPPT menjelaskan akan mengecek informasi itu. Sistem pengaman IT kami tidak bisa sebutkan berapa lapis, tapi kami buat pertangkat baru. Sekarang IT diperkuat dengan pola-pola penyerangan yang baru," paparnya.

Dia menerangkan, entry data yang cukup intensif terjadi Sabtu siang (11/4). "Aktivitas yang cukup intensif itu kemarin siang, puluhan, tapi tidak sebanyak tahun 2004. Kami berterima kasih kepada komunitas informasi dan penggiat keamanan, mereka sudah membantu banyak dan bahu-membahu," tukasnya.

Soal internet di tabulasi dan intenet berbeda? Dia juga mengakui itu. Namun, perbedaan itu karena akses internet di lokasi terlalu banyak yang entry. "Memang ada perbedaan, beban trafik internet lebih tinggi, kalau pusat tabulasi lebih cepat dari data centre. Internet beban trafik yang begitu besar, sehingga kami harus menjadwal update," cetusnya. Hingga Minggu sore, Fahmi mengatakan, sudah tayang di tabulasi nasional sebanyak 13.916 TPS, dari scanning 22 ribuan."Data itu bergerak terus," imbuhnya.

JAKARTA - Dalam talkshow yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan BPPT di Flores Room, Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Minggu sore (12/4), ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News