Iwan Fals Guncang Mentawai

Iwan Fals Guncang Mentawai
Iwan Fals Guncang Mentawai
MENTAWAI - "Anaaloita (Selamat datang) Mentawai! Bangkit Mentawai"! Sapa Iwan Fals sebelum menyanyikan lagu pertamanya berjudul "Menanti Kekasih" dengan melambaikan tangannya. Spontan, 4.000 penonton di lapangan Sepak Bola Km 8 Tuapejat bersorak sambil melambaikan tangan.

Lapangan sepak bola Tuapejat berkapasitas 3.000 orang itu sesak padat. Bahkan, lereng tebing dan pohon yang ada di sekitar lapangan juga dipenuhi penonton. Penonton yang tidak diperkirakan oleh aparat keamanan itu ternyata berasal dari Pulau Sikakap dan Siberut. Akhirnya, penggemar Iwan Fals dari tiga pulau yang ada di Mentawai tumplek jadi satu di Tuapejat tadi malam.

Kali ini, penampilan Iwan Fals jauh berbeda dari konser yang sudah dilakukannya di berbagai tempat dan daerah. Sebab setiap pergantian lagu, Iwan Fals selalu memberikan kata-kata bijak bagi warga Bumi Sikerei untuk menjaga hutan, laut, serta nilai-nilai luhur budaya Mentawai yang masih asli. Di samping sambil bernyanyi, celotehan kritik sosialnya untuk para koruptor, pelaku ilegal loging, dan mafia hukum selalu dilontarkan dengan nada tegas dan beringas.

"Mentawai Hebat! Tidak sia-sia saya datang kemari. Tahun depan, pastikan saya akan konser di Pulau Siberut untuk melihat nilai-nilai budaya luhur nenek moyang saya," kata Iwan Fals yang disambut dengan ribuan lambaian tangan.

MENTAWAI - "Anaaloita (Selamat datang) Mentawai! Bangkit Mentawai"! Sapa Iwan Fals sebelum menyanyikan lagu pertamanya berjudul "Menanti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News