Jadi Anggota DPR, Anang Pinjam Dasi Untuk Pelantikan

Jadi Anggota DPR, Anang Pinjam Dasi Untuk Pelantikan
Jadi Anggota DPR, Anang Hermansyah Pinjam Dasi Untuk Pelantikan. Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Per 1 Oktober, Anang Hermansyah, 45, resmi dilantik sebagai anggota DPR periode 2014–2019. Menjadi wakil rakyat adalah dunia baru bagi suami Ashanty itu. Mengungkapkan pendapat dan penilaian sebetulnya bukan hal baru buat Anang. Sebagai juri Indonesian Idol, tugasnya adalah menilai peserta. Namun, yang ini berbeda. Dunianya sebagai wakil rakyat jauh berbeda dengan dunianya sebagai musisi.

Yang paling gampang dilihat perbedaannya adalah gaya berpakaian. Gaya fashion Anang cenderung kasual. Kalaupun mengenakan baju formal, dia masih bermain dengan warna. Kali ini Anang harus patuh dengan peraturan. Maka, ketika harus mengikuti pelantikan di Senayan, dia harus membeli jas baru. Sebab, menjelang pelantikan, dia belum punya jas hitam dan dasi hitam.

’’Jas dan dasi banyak di lemari pakaian. Tapi, nggak ada yang warna hitam,’’ kata Anang kepada Jawa Pos (induk JPNN.com) di kediamannya, Cinere, Jumat (3/10).

Pria asli Jember itu lantas membeli jas dan celana hitam. ’’Kalau dasi, ini boleh pinjam. Saya bilang ke istri tolong dicarikan pinjaman dasi. Waktu itu dasi pinjam ke kakak saya. Kalau sepatu hitam punya sendiri,’’ ucap pelantun lagu Jodohku tersebut. Sebagai seniman, Anang mengatakan tidak betah mengenakan pakaian formal. Sebab, menurut dia, setelan jas itu berasal dari budaya luar.

”Saya sudah menyarankan di pansus waktu itu, kenapa sih kita nggak pakai batik aja waktu pelantikan. Kenapa harus pakai jas. Batik itu kebanggaan lho. Tapi, waktu itu saya menurut aja lah sama aturan. Saya beli pakaian, yang penting nggak telanjang,’’ ujar Anang santai.

Dia menyatakan siap berbatik di kantor barunya di lantai 20 gedung DPR. ’’Saya mau setiap hari pakai batik. Di lemari saya banyak kalau pakaian batik tuh,’’ ujarnya. Selain soal berbusana, Anang sadar bahwa dengan menjadi anggota DPR, praktis tingkah lakunya menjadi sorotan publik. Tapi, dia tetap tidak ingin mengubah kebiasaan gayanya yang santai selama ini.

Bagi mantan suami Krisdayanti tersebut, itu tidak penting dilakukan karena belum tentu menunjang kinerjanya sebagai anggota DPR. Anang juga tidak mau terpengaruh dengan pandangan orang soal penampilannya yang selama ini santai. ’’Apakah ketika saya jadi anggota DPR saya harus ikut pelatihan kepribadian di John Robert Powers? Duduknya diatur? Lah nggak Anang banget jadinya,” ucap dia.

Anang mengatakan bahwa dirinya tidak akan berhenti menyanyi meski sudah duduk nyaman di kursi DPR. ’’Dari musik aku bisa ada di sini. Bagaimana mungkin aku berhenti menyanyi sedangkan yang aku pikirkan di sini adalah soal kreativitas seniman,’’ tuturnya. Meski demikian, dia akan mengurangi porsi untuk manggung agar fokus pekerjaannya sebagai anggota DPR tidak terganggu. (dod/c10/jan)


JAKARTA – Per 1 Oktober, Anang Hermansyah, 45, resmi dilantik sebagai anggota DPR periode 2014–2019. Menjadi wakil rakyat adalah dunia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News