Jadi Diplomat Berkat Atletik

Jadi Diplomat Berkat Atletik
Foto : REUTERS
JAMAIKA sungguh beruntung memiliki atlet sekelas Usain Bolt. Nama negeri yang berada di laut Karibia itu dilambungkan Bolt setinggi langit berkat prestasi yang ditorehkannya di Olimpiade Beijing 2008. Tak heran jika penghormatan dan penghargaan terus mengalir menyusul prestasinya itu.

     

Sprinter peraih tiga medali emas olimpiade itu menerima paspor diplomatik dari Perdana Menteri Jamaika Bruce Golding Kamis (12/11) waktu setempat. Dengan paspor itu Bolt bisa bepergian ke luar negeri layaknya seorang diplomat. Termasuk salah satunya mendapatkan hak kekebalan diplomasi yang melekat pada seorang diplomat.

     

"Ini adalah hal yang besar, saya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik dan tidak akan mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan," ujar Bolt seperti dilansir Associated Press.

     

Paspor diplomatik itu adalah penghargaan kedua yang diberikan oleh pemerintah Jamaika dalam dua bulan terakhir. Pada Oktober lalu Bolt mendapatkan Order of Jamaica, penghargaan tertinggi keempat di sana.  Golding memuji Bolt sebagai warga negara yang patut dijadikan teladan. Harapannya, Bolt bisa terus menelurkan prestasi yang bisa terus membuat Jamaika bangga. "Kami mempunyai atlet besar, ikon besar, seseorang yang bisa membantu memperkuat citra Jamaika di seluruh dunia," puji Golding.

     

JAMAIKA sungguh beruntung memiliki atlet sekelas Usain Bolt. Nama negeri yang berada di laut Karibia itu dilambungkan Bolt setinggi langit berkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News