Jadi Leading Sektor, Jokowi Targetkan Pendapatan Pariwisata Naik Dua Kali Lipat

Jadi Leading Sektor, Jokowi Targetkan Pendapatan Pariwisata Naik Dua Kali Lipat
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto.Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo membuat target pariwisata dua kali lipat besarnya dari capaian tahun ini. Target itu dicanangkan karena sektor pariwisata menjadi leading sektor yang mempunyai kontribusi besar terhadap PDB nasional.

"Sektor pariwisata penyumbang terbesar dalam menghasilkan devisa negara, serta menciptakan lapangan kerja yang luas," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakornas Kepariwisataan 2015 di Hotel Mercure, Jakarta, Kamis (29/10).

Arief menambahkan, tahun ini kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional diproyeksikan sebesar 4 persen, devisa yang dihasilkan sekitar Rp155 triliun, sedangkan lapangan kerja yang diciptakan sebanyak 11,3 juta.

Karena itu untuk mencapai target tersebut diperlukan gagasan dan langkah terobosan yang bersinergi dan terpadu, agar pencapaian target dalam jangka pendek maupun jangka panjang di 2019 tercapai.

"Mudah-mudahan di akhir tahun ini target wisman sebanyak 10 juta akan terlampaui dan wisatawan lokal yang melakukan perjalanan mencapai 255 juta. Pencapaian target 2015 ini menjadi modal kuat dalam mencapai target tahun depan yang semakin penuh tantangan karena pengaruh situasi ekonomi global yang tidak menentu," harap Arief. (chi/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo membuat target pariwisata dua kali lipat besarnya dari capaian tahun ini. Target itu dicanangkan karena sektor pariwisata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News