Jadikan Buku Karya Relawan untuk Panduan Menagih Janji Jokowi

Jadikan Buku Karya Relawan untuk Panduan Menagih Janji Jokowi
Jadikan Buku Karya Relawan untuk Panduan Menagih Janji Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Relawan dari Seknas Jokowi, Michael Umbas menilai presiden terpilih Joko Widodo bukan sekadar sosok yang mau bekerja. Menurut Umbas, pria yang dikenal dengan panggilan Jokowi itu juga sangat cerdas dalam memotret masalah dan mencari pemecahannya.

Oleh karena itu, Umbas meyakini masa depan Indonesia akan ditenun ulang di tangan Jokowi. Berpasangan dengan Jusuf Kalla yang berpengalaman, keduanya telah merumuskan gagasan membangun Indonesia dengan apik dan terukur.

"Kita selalu percaya setiap masalah ada solusi, maka Jokowi pun mendasari model kepemimpinan yang selalu mengambil peran menyelesaikan masalah. Ia hadir menjemput masalah, memikirkan penyelesaiannya dan bekerja sungguh-sungguh hingga bisa terselesaikan," ujar Umbas melalui keterangan persnya, Sabtu (18/10).

Hal itu pula yang mendasar menulis buku 'Solusi Jokowi' yang berisi gambaran pemerintahan Jokowi kelak. Buku setebal 277 halaman itu diluncurkan Jumat (17/10) sebagai bagian dari rangkaian "Syukuran Rakyat" menyambut pelantikan Jokowi.

Pakar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menilai buku ’Solusi Jokowi' dapat memberi manfaat positif yang besar bagi masyarakat. Pasalnya, buku itu merekam janji-janji Jokowi semasa kampanye pemilu presiden.

"Ya, anggaplah buku ini sebagai manual book atau buku panduan terhadap Pak Jokowi, apakah dia sungguh-sungguh menjalankan apa yang dijanjikan. Kan tinggal tagih aja nanti," kata Hamdi.

Guru besar psikologi itu menganggap ide-ide dan gagasan Jokowi terkait pemerintahan sangat tepat untuk dibubukan. Pasalnya, Jokowi secara langsung mempraktekkan jalan keluar dari permasalahan sulit.

Hal serupa disampaikan relawan Jokowi Eko Sulistyo. Menurutnya, Jokowi merupakan pemimpin yang memberikan solusi, karenanya ia optimis pasangan Jokowi-JK akan membawa perubahan yang berarti bagi bangsa Indonesia berbagai sektor kehidupan.

JAKARTA - Relawan dari Seknas Jokowi, Michael Umbas menilai presiden terpilih Joko Widodo bukan sekadar sosok yang mau bekerja. Menurut Umbas, pria

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News