JPNN.com

Jaga Kesehatan Jantung, 7 Jenis Makan Ini Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah

Selasa, 29 Oktober 2019 – 21:49 WIB
Jaga Kesehatan Jantung, 7 Jenis Makan Ini Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah - JPNN.com

jpnn.com - Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu kunci untuk hidup sehat, bahagia, dan sejahtera hingga tua. Sayangnya, banyak yang tak peduli dengan kesehatan jantung. Padahal, menjaga kesehatan jantung tergolong mudah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung.

Jantung koroner adalah penyakit jantung yang angka kejadiannya sangat tinggi di dunia, bahkan menempati urutan atas sebagai penyebab kematian di dunia.

Perlu Anda tahu, penyakit jantung koroner adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya plak pada pembuluh darah. Plak tersebut terbentuk akibat kolesterol jahat (LDL) yang terakumulasi dalam jangka waktu tertentu.

Adanya plak pada pembuluh darah koroner jantung menyebabkan terjadinya penyumbatan dan pengerasan. Padahal, pembuluh darah koroner berfungsi sebagai pemasok oksigen serta “makanan” untuk sel-sel jantung. Sebagai akibatnya, fungsi jantung akan menurun secara perlahan hingga akhirnya rusak total.

Anda tentu tidak ingin berakhir mengalami kondisi tersebut, bukan? Jika memang demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah makan. Bukan sembarangan, tapi mengonsumsi makanan yang memang terbukti dapat menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.

Makanan yang bisa menyehatkan pembuluh darah

Beberapa makanan yang terbukti mampu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga turut menurunkan risiko penyakit jantung di antaranya:

1. Ikan
Ikan mengandung jenis lemak sehat, yang justru bersifat melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Salah satu jenis lemak yang terkandung dalam ikan adalah omega-3.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...