JPNN.com

Resep Obat Omega-3 Bisa Membantu Pasien Jantung

Rabu, 09 Oktober 2019 – 19:43 WIB Resep Obat Omega-3 Bisa Membantu Pasien Jantung - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter umumnya merekomendasikan olahraga dan mengikuti pola hidup sehat bagi orang-orang dengan trigliserida yang sangat tinggi. Jika berhasil, dokter akan meresepkan statin, fibrat atau niasin.

Tetapi, American Heart Association mengatakan bahwa resep asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi kadar trigliserida yang sangat tinggi hingga 20 hingga 30 persen, dan obat-obatan tersebut bisa digunakan dengan aman bersamaan dengan statin. Asosiasi mencapai kesimpulan ini dengan meninjau 17 uji coba terkontrol acak yang melibatkan pasien dengan kadar trigliserida tinggi.

Orang yang diobati dengan 4 gram resep asam lemak omega-3 setiap hari, terlepas dari mereknya, melihat hasil positif, dan obat itu efektif dalam mengurangi kadar trigliserida terlepas dari apakah orang menggunakan statin untuk menurunkan kolesterol.

Administrasi Makanan dan Obat AS hanya menyetujui obat resep ini untuk orang yang memiliki kadar trigliserida yang sangat tinggi, di atas 500 mg / dL. "Ini adalah berita penting dan kemungkinan akan mengubah cara praktik dokter," kata Dr. Michael Miller, penulis pendamping AHA, seorang profesor kedokteran dan direktur Pusat Kardiologi Pencegahan di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, seperti dilansir laman MSN.

AHA memperingatkan agar orang-orang yang memiliki kadar trigliserida tinggi untuk tidak mengobati kondisi mereka dengan suplemen minyak ikan yang mungkin mereka beli di toko kelontong. Suplemen seperti itu tidak diatur oleh FDA dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat.

Trigliserida adalah lemak yang bersirkulasi dalam darah Anda. Saat Anda makan, tubuh Anda mengubah kalori ekstra yang Anda konsumsi menjadi lemak ini. Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, hal itu bisa meningkatkan kadar trigliserida Anda dan bisa berkontribusi pada pengerasan atau penyempitan pembuluh darah Anda.

Kondisi itu, yang disebut arteriosclerosis, bisa menempatkan orang pada peningkatan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Orang dengan trigliserida yang sangat tinggi juga bisa memiliki masalah dengan pankreas mereka.

Jika dokter Anda melihat bahwa Anda memiliki kadar trigliserida yang tinggi, itu bisa juga merupakan tanda diabetes tipe 2 atau prediabetes, tanda bahwa hormon tiroid Anda rendah, atau indikasi kondisi genetik yang langka.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...