Jaga Kesehatan Prostat dengan Mengonsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini

Jaga Kesehatan Prostat dengan Mengonsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi jus tomat. Foto: (ANTARA/Shutterstock)

jpnn.com, JAKARTA - PROSTAT merupakan kelenjar yang memiliki ukuran kecil dan terletak di bawah kandung kemih pria.

Dengan perkiraan 288,300 kasus baru kanker prostat pada tahun 2023, penting untuk mengetahui cara merawat prostat Anda.

Meskipun pemeriksaan rutin dan nasihat medis sangat penting, memasukkan makanan dan minuman ramah prostat ke dalam pola makan Anda bisa memberikan dorongan tambahan untuk mendukung kesehatan prostat.

Penelitian menunjukkan pola makan yang tinggi sayuran berwarna, rendah gula dan karbohidrat olahan, serta protein hewani dalam jumlah sedang adalah kunci untuk kesehatan prostat yang optimal.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Allianceurology.com.

1. Tomat

Tomat merupakan makanan yang tidak hanya serbaguna dan lezat, tetapi juga mengandung likopen, yang terbukti membantu mengurangi risiko kanker prostat dan memperlambat pertumbuhan tumor prostat.

Untuk meningkatkan penyerapan antioksidan ini, disarankan untuk memasak tomat atau memadukannya dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun.

2. Buah Beri

Buah beri, termasuk stroberi, blueberry, dan raspberry, semuanya kaya akan antioksidan yang bisa membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu menjaga kesehatan prostat pria dan salah satunya adalah tentu saja bawang putih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News