Jaga Stabilitas Energi Jelang Pemilu, Pertamina Monitor Distribusi BBM di Jateng dan DIY

Jaga Stabilitas Energi Jelang Pemilu, Pertamina Monitor Distribusi BBM di Jateng dan DIY
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memonitor distribusi BBM dan LPG agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Jateng dan DIY, khususnya menjelang Pemilu 2024. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memonitor penyaluran dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan liquified petroleum gas (LPG) agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan DIY khususnya menjelang Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho dalam keterangannya yang diterima, Senin (12/2).

"Perantau yang akan kembali ke kampung halaman untuk menggunakan hak pilihnya diprediksi akan memberikan kontribusi kenaikan konsumsi BBM sekitar empat persen untuk produk gasoline, dan sekitar tiga persen untuk produk gasoil dari rata rata konsumsi harian normal," ungkap Brasto.

Rata-rata harian konsumsi normal di wilayah Jateng dan DIY adalah 12.789 kiloliter per hari untuk BBM gasoline (Pertalite dan Pertamax Series), dan 19.455 kiloliter per hari untuk BBM gasoil (Biosolar dan Dex Series).

Lebih lanjut Brasto juga memastikan Pertamina terus memastikan dan melakukan monitoring secara rutin agar pasokan serta distribusi BBM dan LPG dalam kondisi aman dan tercukupi.

“Hari libur saat Pemilu, tentunya akan memberikan peningkatan konsumsi LPG," ujarnya.

Estimasi kenaikan konsumsi LPG di wilayah Jateng dan DIY sebesar +1,1 persen, dari 4.667 metric ton per hari naik menjadi 4.718 metric ton per hari.

Beberapa wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan juga telah diantisipasi dengan menyiagakan build up stock selama pesta demokrasi ini dengan waktu operasional yang diperpanjang dengan menugaskan SPBU, agen, dan pangkalan LPG siaga 24 jam di titik titik yang telah ditunjuk oleh Pertamina.

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memonitor distribusi BBM dan LPG agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Jateng dan DIY

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News