Jahari Sitepu: Kasih Tahu Saya, Saya akan Copot Dia

Jahari Sitepu: Kasih Tahu Saya, Saya akan Copot Dia
Suasana acara pisah sambut kepala Rumah Tahanan Pekanbaru di Riau, Selasa (10/1). ANTARA

jpnn.com - PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Riau M. Jahari Sitepu mengingatkan jajarannya di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan untuk tidak bermain-main dengan narkoba. 

Menurut Sitepu, pihaknya sudah memecat 10 pegawai lapas maupun rutan yang tersangkut pidana narkoba.

"Jangan coba-coba. Kalau ada anak-anak (petugas) main narkoba, laporkan ke saya, akan saya tindak saat itu juga. Saya tidak akan toleransi," kata Sitepu saat acara pisah sambut kepala Rumah Tahanan Pekanbaru di Jalan Sialangbungkuk, Selasa (10/1).

Dia menyatakan sangat serius terkait persoalan ini. Sebab, ujar Sitepu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengamanatkan agar pegawai lapas atau rutan tidak mendekati narkoba.

Sitepu pun mengaku sangat malu apabila ada berita peredaran narkoba yang dikendalikan dari lapas dan rutan. "Kasih tahu saya, saya akan copot dia," tegas Sitepu. 

Dia mengatakan kebijakan pemecatan itu bagian dari pembinaan dan hukuman disiplin. Upaya tegas jajaran pemasyarakatan dalam memerangi narkoba tersebut bahkan mendapatkan perlawanan dari pihak yang masih bermain dengan barang haram itu.

Pada tahun lalu, ada aksi pelemparan molotov ke rumah dinas kepala Divisi Pemasyarakatan dan mobil dinas kepala Pengamanan Lapas Pekanbaru. Pelakunya terindikasi adalah pelaku narkoba yang pernah ditangkap sebelumnya.

"Namun begitu, sedikit pun kami tidak gentar. Dengan niat yang baik insyaallah kita selalu dilindungi Allah SWT dalam menjalankan pekerjaan," kata dia. 

Menurut Jahari Sitepu, pihaknya sudah memecat 10 pegawai lapas maupun rutan yang tersangkut pidana narkoba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News