Jakarta dan Sekitarnya Masih Rawan Pemadaman

Pengadaan Trafo Terhambat Aturan Tender

Jakarta dan Sekitarnya Masih Rawan Pemadaman
Jakarta dan Sekitarnya Masih Rawan Pemadaman
JAKARTA - Dirut PT PLN (Persero), Dahlan Iskan, mengakui jika wilayah Jakarta dan sekitarnya masih rawan dengan kemungkinan terjadinya pemadaman listrik. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya power transformer (trafo) jika trafo yang terpasang mengalami kerusakan.

"Sebetulnya kemampuan daya listrik untuk wilayah Jakarta dan Jawa sudah mencukupi, tapi lantaran kondisi trafo yang sudah tua dan belum ada trafo cadangan maka masih rawan terjadi pemadaman," kata Dahlan Iskan kepada wartawan di Kantor PLN Pusat, Kamis (22/7).

Disebutkan Dahlan, saat ini PLN memang mengadakan enam buah trafo yang tendernya sudah berjalan dan sudah ada pemenangnya. Tapi trafo itu baru terealisasi dan bisa terpasang pada Oktober mendatang.

Padahal, kata Dahlan, PLN memerlukan trafo-trafo itu secepatnya. "Jika terjadi keadaan darurat seperti ledakan trafo di Muara Karang, karena pengadaan trafo ini harus melalui proses tender maka harus menuggu waktu yang cukup lama. Beda jika di swasta, kalau dibutuhkan ya langsung dipesan. Kalau tak ada yang baru bekas enggak apa-apa. Tapi di PLN kan enggak bisa begitu, harus tender lebih dulu," ujarnya.

JAKARTA - Dirut PT PLN (Persero), Dahlan Iskan, mengakui jika wilayah Jakarta dan sekitarnya masih rawan dengan kemungkinan terjadinya pemadaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News