Jaksa Agung Minta Kepala Daerah tak Takut Gunakan Anggaran

Jaksa Agung Minta Kepala Daerah tak Takut Gunakan Anggaran
jpnn

jpnn.com - BOGOR - Jaksa Agung M Prasetyo meminta para kepala daerah tidak takut menggunakan anggaran. Namun, penggunaan anggaran tersebut tidak boleh menabrak aturan yang berlaku.

"Selama ini ada semacam rasa khawatir dan kegamangan mereka pada penyerapan anggaran. Takut nanti berhadapan dengan masalah hukum. Kalau tidak ada kesalahan kenapa harus takut. Orang takut itu kalau bersalah," kata Prasetyo, Senin (24/8).

Prasetyo mengatakan, pihaknya sangat mendukung program kerja untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pihaknya juga akan berusaha keras menciptakan suasana kondusif bagi para pejabat.

"Kecuali kalau kami temukan suap menyuap. Boleh dong (ditindak). Jadi biarkan proyeknya selesai dulu lalu. Nanti kan ada semacam audit dari BPK. Kalau pun misalnya ada kekurangan masih ada waktu 60 hari untuk diperbaiki," papar Prasetyo.

Prasetyo mengaku akan membentuk tim khusus untuk mengawal dan mengamankan kerja pemerintahan. Tim itu akan melakukan pendampingan saat melakukan lelang atau pemeriksaan tanah sebelum proyek pembangunan berjalan.

"Ya kalau misalnya ada cukup bukti ada penyelewengan penyimpangan, nyata-nyata ada niat menyelewengkan uang negara  kami proses," kata Prasetyo.

Kesalahan atau jenis penyimpangan yang dilakukan pejabat dalam menggunakan anggaran nantinya akan diatur dalam regulasi khusus. "Kami siapkan regulasinya, peraturan Jaksa agung. Kami lakukan bagaimana mengawal pemerintah dan pembangunan," tegas Prasetyo. (flo/jpnn)


BOGOR - Jaksa Agung M Prasetyo meminta para kepala daerah tidak takut menggunakan anggaran. Namun, penggunaan anggaran tersebut tidak boleh menabrak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News