Jalan Kaki Ciamis-Jakarta, Massa 212: Tujuan Kami Hanya...

Jalan Kaki Ciamis-Jakarta, Massa 212: Tujuan Kami Hanya...
Para santri peserta long march Ciamis-Jakarta dalam rangka aksi demonstrasi Aksi Bela Islam III. Foto: dok jpnn

jpnn.com - CIAMIS – Ribuan umat muslim dari Kabupaten Ciamis melakukan aksi long march ke Jakarta, Senin (28/11). Mereka berniat ikut unjuk rasa Aksi Bela Islam III pada 2 Desember mendatang. 

Mereka memilih berjalan kaki karena pengusaha bus dilarang menganggut penumpang yang hendak berdemonstrasi di Jakarta. 

"Bagi Allah tidak ada yang tidak mustahil jadi kita jalan kaki menuju Jakarta start dari Masjid Agung (Ciamis). Kita sampai Tasik estafet lanjut ke Garut estafet," ujar Komando Lapangan long march Ustaz Deden Badrul Kamal alias Mama Golangsing saat ditemui di Masjid Agung Ciamis. 

Dia pun menegaskan bahwa tidak ada niatan sama sekali dari pihaknya untuk melakukan makar kepada pemerintah yang sah. Massa yang sebagian besar adalah santri ini pun ke Jakarta hanya membawa sajadah, tak ada senjata.

"Tujuan kita hanya menuntut Ahok dipenjarakan karena Ahok sudah benar-benar menistakan. Kepada seluruh penguasa jangan hanya asapnya saja yang dihilangkan namun apinya dibiarkan. Tidak akan ada tuntutan dari siapa pun jika akar permasalahan ini dipadamkan. Tuntutan kita bukan politik dan bukan apa-apa tapi tujuan kita minta Ahok dipenjarakan," ucap Ustaz Deden.

Meski larangan bus mengangkut demonstran sudah dicabut polisi, massa dari Ciamis ini tetap memilih berjalan kaki. 

"Kami tetap memperlihatkan komitmen kami, dan melihat opini dan melihatkan kepada masyarakat bahwa umat Islam tidak main-main," ungkapnya Kiai Ma'sum Ahmad Ahsan, sesepuh Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyah, Cihaurbeuti, Ciamis.

Diperkirakan ada sekitar 10 ribu orang yang ikut dalam long march ke Jakarta ini. Mereka dijadwalkan tiba di Jakarta tepat pada hari berlangsungnya aksi, Jumat (2/12) mendatang. (rmol/dil/jpnn)


CIAMIS – Ribuan umat muslim dari Kabupaten Ciamis melakukan aksi long march ke Jakarta, Senin (28/11). Mereka berniat ikut unjuk rasa Aksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News