Jalan Pintas MbS Merevolusi Sepak Bola Arab Saudi

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Jalan Pintas MbS Merevolusi Sepak Bola Arab Saudi
Pangeran Muhammad bin Salman di KTT G20. Foto: AFP

jpnn.com - Liga Arab Saudi jadi fenomena terbaru sepak bola dunia. Sekarang, pemain top dunia berbondong-bondong hijrah ke Arab Saudi.

Dimulai dengan Cristiano Ronaldo pada musim 2022, sekarang lebih dari 20 pemain top Eropa merumput di Negeri Petrodolar itu.

Inilah revolusi sepak bola yang diotaki oleh Pangeran Muhammad bin Salman atau MbS. Tentu, namanya tidak muncul di permukaan.

Baca Juga:

Akan tetapi, transfer-transfer raksasa yang melibatkan uang gila-gilaan itu tidak akan bisa terlaksana tanpa restu MbS.

Secara de facto, MbS adalah penguasa tunggal Arab Saudi. Dia mengontrol perubahan besar yang sedang dilakukan oleh negerinya.

MbS merevolusi citra Arab Saudi dari negeri konservatif jantung kekuatan wahabisme, menjadi negara liberal yang bermimpi berdiri sejajar dengan negara-negara maju dan modern .

Baca Juga:

Kini MbS sebagai penguasa yang menentukan arah kebijakan pembangunan Arab Saudi melepas asosiasinya dengan wahabisme. Dia sengaja memutus sejarah negerinya dengan wahabisme dan mengangkat tema nasionalisme Arab Saudi sebagai karakter baru.

Setelah memutus kaitan dengan wahabisme, MbS kembali kepada akar budaya lokal Arab Saudi pra-Islam. Pengritiknya menyebut MBS sengaja mengembalikan citra Arab Saudi kepada era jahiliah yang terbelakang.

Eksperimen jalan pintas Arab Saudi ini masih perlu diuji. Hal yang sama dilakukan oleh China yang mengimpor pemain-pemain top Eropa beberapa tahun yang lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News