Jalan Timnas ke London Masih Jauh

Jalan Timnas ke London Masih Jauh
Latihan timnas U-23 di Senayan, Jakarta. Foto: Dok. JPNN.
PALEMBANG - Timnas Indonesia pernah mengukir sejarah lolos ke Olimpiade Melbourne 1956. Saat itu, Pasukan Merah Putih, julukan timnas Indonesia, dilatih Toni Pogacnic asal Yugoslavia.

Di ajang itu, Indonesia sempat berhasil menahan Uni Soviet 0-0 dalam pertandingan pertama. Tapi karena sebagian besar pemain cedera dan kelelahan, sehingga harus takluk dalam pertandingan playoff dengan skor 0-4.

Setelah itu, Indonesia belum sekalipun pernah tampil di olimpiade. Usaha untuk merebut satu tiket ke ajang multieven yang diikuti oleh semua negara belahan dunia itu, selalu kandas di babak kualifikasi.

Tahun ini, Indonesia kembali mencoba untuk mewujudkan mimpi yang belum pernah terwujud itu. Perjuangan timnas U-23 (saat ini semua pemain masih berusia di bawah 22 tahun, Red), akan dimulai malam nanti dengan menghadapi Turkmenistan di babak pra-kualifikasi Olimpiade 2012. Namun, perjalanan menuju Olimpiade 2012 London itu masih jauh.

PALEMBANG - Timnas Indonesia pernah mengukir sejarah lolos ke Olimpiade Melbourne 1956. Saat itu, Pasukan Merah Putih, julukan timnas Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News