Kamis, 21 Februari 2019 – 09:22 WIB

Jalan Tol Paspro, Pasuruan - Probolinggo Hanya 30 Menit

Senin, 11 Februari 2019 – 08:28 WIB
Jalan Tol Paspro, Pasuruan - Probolinggo Hanya 30 Menit - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Sebelum beroperasi penuh melayani public, Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) akan menjalani uji laik fungsi. Sebelumnya, Jalan tol sepanjang 31,3 kilometer ini telah dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal dan tahun baru (nataru) 2018.

Meski demikian, pemerintah berencana mengoperasikan Jalan Tol Paspro tanpa melalui proses peresmian seperti ruas-ruas Jalan Tol Trans Jawa lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol tidak harus menunggu peresmian sebelum dioperasikan secara penuh.

Tidak terkecuali ruas tol Paspro. “Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat. Terlebih tol tersebut dulu juga sudah dibuka, sekarang bisa segera beroperasi,” kata Basuki di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat malam (8/2)

Hal ini juga terjadi di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Bukit Tinggi (MKTT) Seksi I yang sudah diresmikan. “Maka seksi II-nya sudah tinggal langsung pakai dan tidak perlu seremonial lagi," lanjut basuki.

Beroperasinya Jalan Tol Paspro diharapkan akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya. Dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

Dengan konektivitas yang lebih baik, kata Basuki, maka peluang bangkitnya potensi di daerah akan terubka yang pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Selanjutnya, Basuki menuturkan, Pemerintah fokus mengerjakan jalan tol Probolinggo hingga Banyuwangi. Saat ini proses pembebasan lahan tengah dilakukan. ”Jika pembebasan lahan bisa selesai, maka mudah - mudahan 2020 akhir bisa selesai sampai Banyuwangi," ucap Basuki.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar