Jalankan Visi Jokowi, Dorong BUMN Seriusi Potensi Afrika

Jalankan Visi Jokowi, Dorong BUMN Seriusi Potensi Afrika
Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzi dan Sekjen PKPBerdikari Osmar Tanjung. Foto: dokumentasi pribadi Osmar Tanjung for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKPBerdikari) Osmar Tanjung mendorong pemerintah melalui badan usaha milik negara (BUMN) makin serius menggarap potensi di negara-negara  Afrika. Menurutnya, Afrika punya potensi luar biasa.

Osmar mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya visi tentang kerja sama ekonomi Indonesia - Afrika. Untuk itu pula komisaris independen di PTPN IV tersebut belum lama ini berkunjung ke Kairo, Mesir guna menggalang kerja sama ekonomi berupa ekspor crude palm oil (CPO).

“Karena berkali-kali beliau (Jokowi, red) mendorong poros Indonesia-Afrika. Terkait isi perjanjian semua soal ekspor-impor komoditas CPO, kita akan mulai dengan ekspor 8000 ton per bulan ke Mesir,” ujar Osmar melalui siaran pers ke media, Selasa (2/10).

Osmar mengaku telah berdiskusi dengan Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy. Dalam diskusi itu Helmy membeber tentang potensi pasar di Afrika, khususnya Mesir.

Kini, kata Osmar menirukan Helmy, Tiongkok pun sudah melirik Afrika sebagai potensi industri mereka. “Jauh sebelumnya, negara-negara Eropa sudah lebih dulu melakukan investasi di Afrika,” ucap Osmar.

Osmar menambahkan, saat ini BUMN perkebunan yang sudah masuk Mesir baru PTPN III Holding. Namun, dia mengharapkan BUMN lainnya bisa mengikuti langkah serupa.

“Karena ini kan yang turun langsung PTPN III yang komoditas andalannya CPO. Mungkin ke depan bisa komoditas lain,” papar Osmar.

Menurutnya, Dubes Helmy juga mengundang puluhan pengusaha kelas kakap di Afrika untuk membicarakan potensi kerja sama dengan BUMN. Osmar pun meyakini kerja sama Indonesia - Afrika bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Sekretaris Jendreal Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKPBerdikari) Osmar Tanjung mendorong badan usaha milik negara (BUMN) menyeriusi potensi di Afrika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News