James Cameron Sumbangkan Kapal Selam untuk Penelitian

James Cameron Sumbangkan Kapal Selam untuk Penelitian
James Cameron Sumbangkan Kapal Selam untuk Penelitian
NEW YORK - Sutradara kondang Hollywood, James Cameron, menyumbangkan kapal selamnya kepada Woods Hole Oceanographic Institution untuk penelitian ilmiah di laut. Sebelumnya kapal selam yang dikenal sebagai Challenger Deepsea itu  berhasil memecahkan rekor penyelaman terdalam di lautan.

Sang sutradara film Avatar, Titanic dan Aliens ini membawa Challenger Deepsea ke bagian laut terdalam yang sebelumnya tidak pernah dikunjungi manusia selama 50 tahun ini. Karenanya perjalanan ke dasar lautan terdalam itu sekaligus menjadikan James Cameron sebagai satu-satunya manusia di Bumi yang sukses menyelam ke dasar laut terdalam dan kembali dengan selamat.

Menurut Dailymail, Selasa (26/3), Cameron menyelam sejauh 10.9 km atau hampir tujuh mil di Palung Mariana di Samudera Pasifik Barat. Dia melakukan penyelaman seorang diri dengan menggunakan prototipe kapal selam Challenger Deepsea, dan membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai titik terdalam di Bumi itu.

Cameron sendiri sejak kecil memang dikenal memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia laut. Dia tercatat pernah melakukan 72 kali aktivitas menyelam di lautan dalam. Dari 72 aktivitas selam, 33 di antaranya digunakan dalam rangka pembuatan film Titanic yang memecahkan rekor pendapatan dalam sebuah film.

NEW YORK - Sutradara kondang Hollywood, James Cameron, menyumbangkan kapal selamnya kepada Woods Hole Oceanographic Institution untuk penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News