Jamin Ketersediaan Air Bersih di Kota Kupang, PUPR akan Bangun Bendungan Kolhua

Jamin Ketersediaan Air Bersih di Kota Kupang, PUPR akan Bangun Bendungan Kolhua
Desain Bendungan Kolhua di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Kementerian PUPR

jpnn.com, KUPANG - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menambah jumlah tampungan air dan ketersediaan air bersih dengan membangun Bendungan Kolhua di Kota Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terkait rencana tersebut, Kementerian PUPR telah menyelesaikan studi kelayakan dan sedang memproses Amdal maupun sertifikasi desain.

Kementerian yang kini dipimpin Basuki Hadimuljono juga telah memasukkan pelaksanaan konstruksi Bendungan Kolhua pada anggaran tahun ini.

Menteri Basuki mengatakan ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT yang memiliki curah hujan lebih rendah dibanding daerah lain.

Karena itu, pembangunan bendungan juga harus diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya.

"Jadi bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,"  kata Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Senin (31/1).

Menteri yang terkenal memiliki selera humor yang tinggi itu berharap keberadaan Bendungan Kolhua juga dapat melayani kebutuhan air domestik masyarakat melalui pembangunan jaringan air baku maupun instalasi pengolahan air (IPA).

Bendungan tersebut berada di Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa akan dibangun di atas lahan yang dibutuhkan seluas 118,86 hektare

Kementerian PUPR menambah jumlah tampungan air dengan membangun Bendungan Kolhua di Kota Kupang, NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News