Jokowi Resmikan Bendungan di Jateng, Para Petani Merespons, Simak

Jokowi Resmikan Bendungan di Jateng, Para Petani Merespons, Simak
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkunjung ke Jawa Tengah pada Rabu (5/1). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BLORA - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (5/1).

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Jokowi ini mendengarkan sejumlah harapan petani atas kehadiran bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 14,4 juta meter kubik.

Petani Desa Sekarsari Sukarji berharap keberadaan Bendungan Randugunting dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, utamanya para petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

"Tanaman padi ini membutuhkan pengairan yang optimal. Jadi, harapan kami dari Bendungan Randugunting ini bisa menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yang bisa mengairi daerah kami, Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang,” tuturnya.

Sukarji pun berharap kehadiran bendungan yang mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah tersebut dapat meningkatkan taraf hidup petani di sekitarnya.

Sementara itu, petani dari Desa Jatihadi, Kabupaten Rembang Syakib berharap pemerintah juga dapat melakukan normalisasi bendungan lainnya yang sudah dangkal.

Menurut dia, hal tersebut membuat petani harus menunggu tadah hujan untuk irigasi sawahnya.

“Jadi, mohon perhatiannya Bapak Jokowi, mohon dinormalisasi bendungannya karena dangkal itu, biar masyarakat menikmati air yang bisa mengalir di petani,” ujar Syakib.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora. Sejumlah petani pun menyampaikan unek-uneknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News