Jamin Papua Makin Aman, Saatnya Genjot Pembangunan

Jamin Papua Makin Aman, Saatnya Genjot Pembangunan
Jamin Papua Makin Aman, Saatnya Genjot Pembangunan

jpnn.com - JAKARTA - Tokoh masyarakat Papua, Franz Albert Joku menyampaikan pandangannya mengenai situasi terkini di tanah kelahirannya itu. Menurutnya, sekarang adalah masa yang paling tepat untuk mulai membangun provinsi paling timur di Indonesia itu.

Joku mengatakan, kondisi keamanan Papua saat ini sudah jauh lebih kondusif dibanding saat Orde Baru lalu. Karenanya, setiap program pembangunan yang dimiliki pemerintah seharusnya dapat berjalan dengan baik. "Papua aman, Papua tidak seperti di era presiden dahulu yang otoriter. Di tengah demokrasi sekarang ini, Papua relatif aman, silahkan lihat sendiri," katanya di Jakarta, Selasa (11/3).

Namun, lanjut mantan wartawan yang pernah jadi orang penting di pemerintahan Papua Nugini itu, situasi kondusif saja tidak cukup. Mantan pejuang OPM itu menegaskan, diperlukan rencana pembangunan yang matang dan tepat sasaran dari pemerintah. Untuk mewujudkan itu, pemerintah harus mampu menyerap aspirasi masyarakat Papua.

Kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan potensi masyarakat dan alam Papua juga penting untuk diutamakan. Contohnya, kebijakan soal ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Laut dan alam di sini indah, tapi tidak ada kebijakan dan infrastruktur yang mendukung ini semua. Sepatutnya dibangun bandara berskala internasional di Papua agar memudahkan para pelancong berkunjung. Hal ini pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat, lihat saja Bali, padahal Papua lebih indah," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh Papua lainnya, Nick Messet menambahkan, dengan kebijakan pembangunan tepat sasaran maka situasi kondusif di Papua pasti akan terus terpelihara. "Kami (Papua) tidak mau dikucilkan, kami juga tidak mau diperlakukan berlebihan, yang kami mau kebijakan dan pembanguna sesuai dengan aspirasi masyarakat Papua. Kami percaya masa depan kami yang termasuk wilayah NKRI akan cerah dan baik," ujar Nick. (dil/jpnn)


JAKARTA - Tokoh masyarakat Papua, Franz Albert Joku menyampaikan pandangannya mengenai situasi terkini di tanah kelahirannya itu. Menurutnya, sekarang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News