Jamin Soal UN Tak Bocor

Jamin Soal UN Tak Bocor
Jamin Soal UN Tak Bocor
JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengaransi soal ujian nasional (UN) tahun 2010 tidak akan bocor. Garansi ini diberikan menyusul laporan dari jajaran Kementerian Pendidikan Nasional yang telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa percetakan.

“Kami menggaransi soal UN 2010 tidak akan terjadi kebocoran, karena sistem pengamanan yang ada dipercetakkan cukup ketat, sehingga tidak ada peluang untuk melakukan pembocoran soal,” terang  Mendiknas di dalam rilisnya kepada JPNN di Jakarta, Kamis (18/3).

Apa arti dari pernyataan garansi ini? Mendiknas menjawab, artinya jika ada di masyarakat mendapatkan bocor soal atau kunci jawaban, itu berarti bagian dari upaya masyarakat yang ingin mengambil keuntungan dengan cara melakukan kebohongan, ingin memanfaatkan situasi seperti ini kepada masyarakat yang masih bimbang. “Karena itu, saya tegaskan dan berani menggaransi kalau soal UN tidak bocor,” katanya.

Nuh mengharap masyarakat untuk tidak percaya, terhadap adanya soal bocoran atau kunci jawaban. “Saya juga memperingatkan kalau soal yang akan diujikan ditiap kelas juga di acak tipe soalnya, sehingga para peserta tidak bisa mencontek terhadap teman di kana-kiri atau depan belakangnya, karena bisa jadi tidak sama tipe soalnya. Yakinkan dan kerjakan sesuai kemampuan para peserta,” jelasnya.

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengaransi soal ujian nasional (UN) tahun 2010 tidak akan bocor. Garansi ini diberikan menyusul laporan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News