Jangan Ada Permainan Seleksi Calon Polisi!

Jangan Ada Permainan Seleksi Calon Polisi!
Seleksi calon anggota Polri. Ilustrasi Foto: Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri berkomitmen melakukan seleksi anggota polisi secara bersih, yang disertai pengawasan internal dan eksternal diperkuat.

Hari ini, Polri bakal menggelar pakta integritas terkait seleksi anggota polisi secara serentak di seluruh Indonesia.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (ASDM) Irjen Arief Sulistyanto menuturkan, pakta integritas itu akan ditandatangani personel yang terlibat mengetes calon siswa Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama. Sekaligus, dengan para orang tua calon polisi dan peserta seleksi.

”Pakta integritas ini ditujukan agar semua menyadari tidak boleh ada permainan. Pakta integritas ini digelar serentak di semua Polda,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Dengan pakta integritas ini, orang tua calon polisi dan calon polisi bisa memiliki keberanian untuk melaporkan bila menemui adanya penyimpangan. ”Langsung lapor ke pengawas saja kalau menemui penyimpangan,” ujarnya.

Untuk mendampingi pakta integritas tersebut, pengawasan seleksi tersebut juga diperkuat.

Ada pengawas internal dan eksternal untuk mengawasi setiap tahapan seleksi. ”Kalau untuk internal ada dari Itwasum dan Divpropam,” jelasnya.

Pengawas eksternal seperti pegiat antikorupsi dilibatkan secara melekat. Dia menjelaskan, setiap pengawas eksternal ini bisa melihat secara langsung bagaimana proses tes tersebut.

Polri berkomitmen melakukan seleksi anggota polisi secara bersih, yang disertai pengawasan internal dan eksternal diperkuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News