Jangan Asal Pilih Kosmetik di Saat Hamil

Jangan Asal Pilih Kosmetik di Saat Hamil
Jangan Asal Pilih Kosmetik di Saat Hamil
IBU hamil (bumil) harus ekstrahati-hati dalam memilih kosmetik. Sebab, beberapa bahan kandungan kosmetik disinyalir dapat membahayakan janin.

Spesialis obstetri dan ginekologi dari RS Bedah Surabaya dr Ariefandy Pambudi SpOG mengatakan, sebelum menggunakan produk kosmetik, pastikan bumil membaca kandungan bahan terlebih dahulu. Sebab, beberapa kandungan yang berbahan dasar aluminium, timah hitam, dan metil merkuri dapat terserap pori-pori dan meracuni janin. "Sebaiknya hindari kosmetik dengan kandungan bahan-bahan seperti itu," jelas dia.

Bahan yang patut diwaspadai bumil, antara lain, salicylic acid, BHA (beta hydroxy acid), dan benzoil peroksida. Bahan itu, papar Ariefandy, biasanya ada pada produk yang mencegah dan mengobati jerawat. Termasuk terkandung dalam obat anti penuaan kulit.

Bila bumil mengonsumsi aspirin dan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan itu, dapat terjadi keguguran atau komplikasi pada kehamilan. Selain itu, ada retinol A yang merupakan jenis vitamin A untuk mengobati jerawat dan bermanfaat dalam pengelupasan kulit mati. "Dosis yang tinggi dapat mengganggu pertumbuhan janin," paparnya.

IBU hamil (bumil) harus ekstrahati-hati dalam memilih kosmetik. Sebab, beberapa bahan kandungan kosmetik disinyalir dapat membahayakan janin. Spesialis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News