Selasa, 23 Juli 2019 – 11:54 WIB

Jangan Berlebihan Makan Pepaya, Ini Efek Sampingnya

Senin, 01 April 2019 – 09:18 WIB
Jangan Berlebihan Makan Pepaya, Ini Efek Sampingnya - JPNN.COM

jpnn.com - Meski banyak memberikan manfaat kesehatan dan baik untuk sistem metabolisme tubuh, buah pepaya ternyata tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, terutama yang masih mentah.

Terdapat sejumlah efek samping yang akan didapatkan dari mengonsumsi buah pepaya terlalu banyak atau berlebihan. Mau tahu apa saja efek samping yang terjadi saat mengonsumsi terlalu banyak buah pepaya? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (31/3).

1. Menyebabkan keguguran

Baca juga: Jangan Dibuang, Biji Pepaya Ternyata Bisa Cegah Kanker

Fakta bahwa pepaya bisa menyebabkan alergi lateks pada individu. Ini bisa berpotensi berbahaya bagi ibu dan juga anak yang belum lahir. Studi lain juga berbicara tentang enzim papain dalam pepaya, yang menekan progesteron (hormon seks) yang diperlukan untuk mempersiapkan rahim untuk pembuahan. Papain juga bisa merusak selaput tertentu di tubuh wanita yang penting untuk perkembangan janin. Penelitian lebih lanjut juga memberi tahu kita bahwa papain dalam pepaya bisa meracuni janin dan menyebabkan cacat lahir pada bayi baru lahir.

2. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Papain yang sama yang bisa menenangkan perut Anda juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Pepaya kaya serat, dan terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Juga, kulit buahnya mengandung lateks - yang bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan rasa sakit. Papain dalam buah bekerja dengan baik dalam memecah serat. Tetapi jika serat tidak dicerna dengan baik, Anda bisa menderita gas lambung. Pepaya juga bisa menyebabkan diare pada orang-orang tertentu - serat dalam buah ini bisa mengikat feses dan menyebabkan diare, yang bisa membuat Anda sangat dehidrasi.

Baca juga: Miliki Wajah Cerah dan Awet Muda dengan Masker Pepaya, Catat Resepnya

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar