Jangan Coba-coba Timbun Bahan Pokok Pasti akan Disikat Satgas Pangan

Jangan Coba-coba Timbun Bahan Pokok Pasti akan Disikat Satgas Pangan
Mentan Amran Sulaiman dalam operasi pasar bawang putih bersama Wakapolri. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri pertanian Amran Sulaiman mengingatkan pihak-pihak yang mencoba menimbun dan mempermainkan harga bawang putih ataupun kebutuhan pokok lainnya jelang puasa.

Dia memastikan Satgas khusus untuk mengatasi masalah lonjakan harga yang tak stabil, akan langsung gerak cepat.

Dia mencontohkan dengan kejadian harga bawang putih yang sempat mencapai Rp45 ribu beberapa hari lalu, sebelum pihak Kementan melakukan operasi pasar.

"Karena naik tinggi, tim Satgas langsung lakukan penelusuran. Hasilnya beberapa hari langsung terungkap siapa penimbunnya," kata Amran saat ditemui dalam operasi pasar bawang putih di pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/5) siang.

"Jadi jelang Ramadan, jangan ada lagi harga tak stabil, sengaja membuat warga khawatir dengan harga-harga yang dipermainkan. Biarkan masyarakat ibadah dengan tenang," ‎imbuhnya.

Wakapolri ‎Komjen Syafrudin yang mendampingi Mentan menjelaskan bahwa kinerja Satgas memang bisa cepat. Dalam waktu tiga hari, lanjut dia, terungkap gudang penimbunan bawang putih.

"‎‎Satgas dibentuk sudah setahun bersama dengan kementerian perdagangan mengantisipasi gejolak harga di pasar ini akibat kartel pangan jadi semua pangan kita buat satgasnya. Ada yang aneh pasti langsung gerak dan tangkap sumber masalahnya," ‎ungkap dia.

Saat ini, PT LBU yang mengimpor dan menimbun bawang serta beberapa orang yang tertangkap saat penggerebekan, di kawasan Jakarta Utara, akan dimintai keterangan.

Menteri pertanian Amran Sulaiman mengingatkan pihak-pihak yang mencoba menimbun dan mempermainkan harga bawang putih ataupun kebutuhan pokok lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News