Selasa, 26 Maret 2019 – 09:07 WIB

Jangan Disepelekan, Ini 7 Manfaat Cukup Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 13 Maret 2019 – 05:03 WIB
Jangan Disepelekan, Ini 7 Manfaat Cukup Tidur Bagi Kesehatan Tubuh - JPNN.COM

jpnn.com - Anda mungkin sudah tak asing dengan ungkapan yang berbunyi, “tidur adalah obat untuk mengatasi segala jenis penyakit”. Hal tersebut bukanlah sekadar isapan jempol belaka, karena para pakar kesehatan telah berhasil membuktikannya. Tak sekadar itu, para pakar bahkan mendapati bahwa tidur juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Apa saja manfaat sehat tidur bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

1. Melawan infeksi

Tidur bisa melawan penyakit akibat infeksi. Hal tersebut telah dibuktikan pada studi yang diterbitkan di Journal of Experimental Medicine pada Februari 2019 silam.

Studi tersebut menemukan bahwa tidur menyebabkan molekul tubuh memengaruhi pengeluaran beberapa hormon, seperti adrenalin dan noradrenalin untuk mengaktivasi daya tahan tubuh sehingga menghambat molekul lain untuk memicu pertumbuhan tumor, infeksi malaria, kekurangan oksigen, dan stres.

2. Otak lebih tajam

Tidur memegang peran penting dalam menunjang fungsi otak terkait memori atau daya ingat, serta proses pembelajaran tentang hal baru. Sebaliknya, tanpa tidur, Anda akan sulit untuk berkonsentrasi, fokus, atau belajar mengenai informasi baru. Selain itu, tak tidur dalam waktu cukup juga membuat otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyimpan memori baru, sehingga di kemudian hari fungsi memori akan tumpul.

3. Memperbaiki suasana hati

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar