JPNN.com

Jangan Ditiru, ini 6 Cara Menyikat Gigi yang Salah

Jumat, 13 September 2019 – 11:41 WIB Jangan Ditiru, ini 6 Cara Menyikat Gigi yang Salah - JPNN.com

jpnn.com - Aktivitas menyikat gigi setiap hari sangatlah penting untuk membersihkan gigi dan mulut. Namun sayang, masih banyak yang menyikat gigi dengan cara yang salah. Bukannya membersihkan dan merawat, Anda justru merusak gigi dan lapisannya.

Hal tersebut diamini drg. Callista Argentina dari KlikDokter lewat salah satu artikelnya. Menurut drg. Callista pada dasarnya, menyikat gigi bertujuan membersihkan sisa makanan yang menempel dan terselip di antara gigi. Jika cara yang dilakukan salah, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan gusi dan rongga mulut secara keseluruhan.

Dilansir dari the Healthy, berikut cara menyikat gigi yang salah:

1. Tidak cukup lama menggosok gigi
Durasi menyikat gigi yang direkomendasikan American Dental Association adalah 2 menit. Namun, banyak orang yang sengaja bahkan tidak sadar menyingkat durasi itu.

“Berbagai penelitian telah menghitung waktu orang menyikat gigi dan bertanya berapa lama mereka menyikat gigi. Kebanyakan orang mengira mereka menyikat gigi selama beberapa menit. Faktanya, mereka menyikat gigi kurang dari setengah menit,” kata Ed Hewlett, profesor kedokteran gigi restoratif dan dekan rekanan di UCLA School of Dentistry di Los Angeles.

Untuk memastikan durasi Anda menyikat gigi, Anda bisa menggunakan sikat gigi eletrik yang berbunyi “bip” saat Anda mencapai dua menit. Anda juga bisa minta bantuan timer di ponsel.

2. Menyikat terlalu keras
Jangan anggap gigi seperti wajan yang harus disikat dengan keras agar semua kotorannya keluar. "Ketika menyikat gigi dengan keras, Anda mendapatkan sensasi yang memuaskan bahwa telah benar-benar membersihkan gigi," kata Dr. Hewlett.

Bukannya membuat gigi lebih bersih, hal itu justru bisa membahayakan. "Mendorong terlalu keras dapat menekan jaringan gusi, sehingga dapat memperlihatkan sebagian dari akar gigi," kata Dr. Hewlett.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...