Jangan Gampang Terpikat Ya! Investor Pemula Simak Nih Nasihat Bappeti soal Robot Trading

Jangan Gampang Terpikat Ya! Investor Pemula Simak Nih Nasihat Bappeti soal Robot Trading
Bappeti meminta masyarakat tidak gampang percaya iming-imingi keuntungan besar dari penggunaan robot trading. Ilustrasi trading forex. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Plt. Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) M. Syist mengungkapkan pihaknya menemukan penjualan perangkat lunak (software) robot trading disertai pernyataan tak bertanggung jawab.

Pasalnya penjualan tersebut disertai pernyataan bahwa menggunakan robot trading, tidak diperlukan kemampuan analisa teknik, fundamental, serta tidak adanya teknik yang harus dipelajari.

“Cara-cara yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab ini dapat menyesatkan masyarakat karena investasi PBK bersifat high risk high return," beber M. Syist seperti dikutip dari kemendag.go.id, Senin (22/8).

Menurut dia investor dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar dari PBK. Namun perlu diingat bahwa potensi kerugian juga sama besarnya.

"Iming-iming keuntungan yang besar ini digunakan oknum tersebut untuk mengajak calon nasabah terjun ke PBK tanpa persiapan dan pengetahuan legalitas pelaku usaha yang cukup,” tegas Syist.

M. Syist berharap investor pemula tidak mudah percaya dengan penawaran investasi yang menjajikan keuntungan tinggi tanpa memiliki risiko.

“Pelajari dulu mekanisme transaksinya dan pastikan legalitasnya. Jangan mudah tergiur dengan penawaran investasi yang memberikan iming-iming keuntungan pasti di luar batas kewajaran yang didapatkan dalam waktu singkat,” tegas M. Syist.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melalui Bappeti memblokir 82 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) tanpa memiliki perizinan dari Bappebti selama Juli 2021.

Bappeti meminta masyarakat tidak gampang percaya iming-imingi keuntungan besar dari penggunaan robot trading.