Jangan Kaget jika Warga Surabaya Nanti pakai Gelang Warna-warni

Jangan Kaget jika Warga Surabaya Nanti pakai Gelang Warna-warni
Ilustrasi warga memakai masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Muncul usulan agar warga Kota Surabaya yang terpapar virus corona jenis baru COVID-19 diberi tanda khusus guna memudahkan pengawasan dan penindakan.

"Selain usulan swab massal, pemberian tanda pada setiap warga perlu dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan penindakan COVID-19," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony di Surabaya, Senin (25/5).

Pemberian tanda tersebut bisa berupa gelang berwarna-warni.

Misalnya untuk gelang hijau berarti untuk orang yang sehat, kuning bagi warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan merah untuk warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

"Jadi kalau ada warga yang keluyuran biar ketahuan terpapar COVID-19 atau tidak," ujarnya.

Menurut dia, untuk warga yang memakai gelang hijau, lanjut dia, boleh keluar dan bekerja supaya roda ekonomi tetap jalan.

Sedangkan untuk warga yang memakai gelang kuning harus melakukan isolasi mandiri di rumah dengan menerima haknya dari Pemkot Surabaya dengan mendapat bantuan makanan, vitamin, suplemen makanan dan lainnya.

Begitu juga untuk warga yang memakai gelang merah, lanjut dia, tentunya harus menjalani perawatan di rumah sakit dan mendapatkan penanganan kuratif sesuai tingkat kegawatan.

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Jatim, mengusulkan agar warga Kota Pahlawan mengenakan gelang berwarna-warni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News