Jangan Kaget, Masalah Baru Muncul Setelah Presiden Bikin Ritual di Titik Nol IKN, Lihat

Jangan Kaget, Masalah Baru Muncul Setelah Presiden Bikin Ritual di Titik Nol IKN, Lihat
Komunitas pesepeda di Sepaku sedang membersihkan sampah yang menumpuk ditinggalkan pengunjung di titik nol IKN Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Potongan Layar Video @info_sepaku.

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Warga antusias berkunjung di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara setelah Presiden Joko Widodo melaksanakan ritual penyatuan tanah air dari penjuru negeri bersama 34 gubernur.

IKN yang beralamat di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur itu, tampaknya menjadi destinasi wisata baru dan banyak mendapat kunjungan warga setempat termasuk dari luar bumi Borneo itu.  

Namun, masalah baru muncul setelah ramai dikunjungi warga. Tampak tumpukan sampah di objek vital nasional itu.

Situasi tersebut terekam kamera dan belakangan viral di jagat maya. 

Terlihat banyak sampah berserakan di titik nol IKN. Hal itu diduga area tersebut dibuka untuk umum sehingga seketika berubah menjadi tempat wisata baru.

Sekretaris Kecamatan Sepaku Adi Kustaman membantah kalau kawasan titik nol IKN kini berubah menjadi tempat wisata. Pemerintah sejatinya tidak pernah melarang masyarakat umum yang hendak berkunjung. 

"Cuman, masyarakat yang datang tidak bisa terbendung. Kami tidak bisa melarang masyarakat  berkunjung ke sana," ujar Adi  Kustaman dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (5/4/2022).

Sejauh ini, kata dia,  pihaknya kurang tepat untuk menutup atau melarang warga untuk datang berkunjung. 

Presiden Jokowi melaksanakan ritual penyatuan tanah dan air, titik nol IKN Nusantara jadi viral & ramai dikunjungi masyarakat, namun muncul masalah baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News