Jangan Konsumsi 5 Makanan ini Saat Minum Antibiotik

Jangan Konsumsi 5 Makanan ini Saat Minum Antibiotik
Ilustrasi Antibiotik. FOTO : pixabay

jpnn.com - Saat Anda terkena penyakit akibat infeksi bakteri, biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik. Pemberian ini juga disertai dengan beberapa instruksi, seperti dosis pemakaian, waktu konsumsi, hingga harus habis demi hasil optimal. Selain itu, ternyata ada pula aturan lain seperti jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda sedang minum antibiotik.

Sebisa mungkin, hindari konsumsi makanan atau minuman ini saat sedang konsumsi antibiotik agar tetap aman dan tidak membahayakan kesehatan.

1. Makanan atau minuman yang bersifat asam

Makanan dan minuman yang sifatnya asam, seperti minuman bersoda, jus jeruk, cokelat, dan produk yang berbahan dasar tomat bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap obat. Dari sekian banyak makanan atau minuman asam yang mengganggu kerja obat - khususnya antibiotik - adalah jus jeruk bali merah (grapefruit).

Ini karena grapefruit mengandung senyawa furanocoumarins, yang bisa menonaktifkan enzim usus kecil dan hati untuk memecah berbagai zat, termasuk zat dari obat yang Anda minum.

Apabila enzim tidak berfungsi normal, bukannya terserap, obat justru bersirkulasi di dalam darah pada tingkatan terlampau tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan overdosis obat. Selain antibiotik, Anda juga tidak boleh meneguk jus grapefruit bersama obat-obatan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan kanker.

2. Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahannya sebaiknya juga dihindari saat Anda mengonsumsi antibiotik. Sebab, menurut Katrina Seidman dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat, kalsium dan zat besi yang terkandung dalam susu dan produk olahannya bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap kuinolon (sejenis antibiotik).

Hindarilah jenis makanan dan minuman yang disebutkan di atas agar tidak mengganggu kerja antibiotik yang Anda konsumsi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News