Jangan Lewatkan 5 Manfaat dari Puasa Senin - Kamis

Jangan Lewatkan 5 Manfaat dari Puasa Senin - Kamis
Berpuasalah, Niscaya Kamu Menjadi Sehat. Ilustrasi Radar Sidoarjo/JPNN.com

jpnn.com - Selain puasa Ramadan, di Indonesia banyak juga yang melakukan metode puasa Senin Kamis. Jika Anda salah satu yang rutin menerapkan puasa ini, beruntunglah Anda karena ada begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

Secara umum puasa tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tapi juga manfaat kesehatan bagi seseorang yang menjalankannya. Puasa Senin Kamis termasuk dalam kategori puasa yang dilakukan secara berselang. Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan saat menjalankan puasa secara berselang:

1. Menurunkan berat badan.

Saat berpuasa, tentu asupan Anda lebih sedikit dibanding orang yang tidak berpuasa. Kondisi ini dapat membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Saat puasa, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin. Keadaan ini bisa merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang memengaruhi dalam proses penurunan berat badan.

Perlu Anda ketahui, puasa dalam waktu singkat dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh hingga 3,6–14 persen. Artinya, pembakaran kalori pun menjadi lebih cepat.

2. Meningkatkan fungsi otak.

Saat berpuasa dilakukan secara berselang, tubuh akan meningkatkan pertumbuhan dari sel saraf yang baru. Dengan begitu, fungsi otak juga lebih meningkat.

Secara umum puasa tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tapi juga manfaat kesehatan bagi seseorang yang menjalankannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News