Jangan Lupa, Pastikan Listrik di Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Jangan Lupa, Pastikan Listrik di Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta pada Rabu (3/4/2024). ANTARA/Risky Syukur.

jpnn.com - JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengingatkan masyarakat mewaspadai hal yang tak diinginkan dengan memastikan listrik di rumah dalam keadaan aman saat ditinggal mudik lebaran.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Lasiran, ada beberapa trik untuk memastikan listrik dalam kondisi aman.

Pertama, penghuni diminta memastikan tagihan listrik sudah dibayar yang dapat dilakukan melalui PLN Mobile atau media pembayaran lainnya.

"Untuk pelanggan yang pakai prabayar jangan lupa isi token. Jadi meskipun rumah ditinggal, penerangan untuk lampu masih tetap menyala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Lasiran di Jakarta, Kamis (4/4).

Langkah kedua, kata Lasiran, mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan.

"Peralatan listrik dicabut sebelum berangkat, seperti setrika, penanak nasi elektrik, dispenser. Jadi barang-barang yang bersumber dari daya listrik dimatikan. Dispenser yang dibiarkan tetap menyala dalam posisi kosong itu bisa menimbulkan ledakan," ucapnya.

Ketiga, pastikan listrik yang tersambung adalah listrik resmi dan menggunakan kWh meter sesuai daya langganan serta peruntukan.

"Selanjutnya, penghuni bisa menitipkan rumah kepada satpam atau tetangga yang dikenal dekat, sehingga jika terjadi kondisi bencana bisa dilakukan mitigasi dan tidak meluas," ucapnya.

Masyarakat penting memastikan listrik di rumah dalam keadaan aman saat ditinggal mudik lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News