JPNN.com

Jangan Main Hp, Lakukan 6 Cara ini Kalau Susah Tidur

Jumat, 18 Oktober 2019 – 10:43 WIB Jangan Main Hp, Lakukan 6 Cara ini Kalau Susah Tidur - JPNN.com

jpnn.com - Saat mengalami susah tidur, banyak orang yang cenderung menghabiskan waktu untuk bermain gawai atau berselancar di dunia maya. Padahal, memandangi gawai jelang waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Jadi daripada berkutat dengan gawai, sebaiknya lakukan hal lain yang bisa membantu Anda tertidur.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, bermain gawai ternyata bisa menurunkan kualitas tidur itu sendiri. Anda akan menjadi lebih sulit memejamkan mata, bahkan tidur jadi cenderung tak nyenyak.

"Rangsangan cahaya dari gawai dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang. Lalu, penggunaan gawai menjelang waktu tidur juga akan membuat emosi bergejolak, sehingga rasa kantuk menjadi lebih sulit dirasakan," ungkapnya.

Selain itu, memilih bermain gawai saat susah tidur juga bisa menyebabkan kerusakan mata. Sebab, pancaran sinar biru dari layar gawai bisa menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi makula. Bahkan, kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Lakukan hal yang lebih berguna dibanding main gawai

Semua orang pasti pernah mengalami susah tidur atau susah kembali tertidur setelah terbangun pada malam hari. Saat mengalaminya, daripada main gawai, lebih baik Anda coba lakukan hal ini:

1. Beranjak dari tempat tidur

Jika telah terbangun selama 20 atau 30 menit, sebaiknya Anda beranjak dari tempat tidur dan melakukan kegiatan tertentu selama 30 menit, seperti melipat cucian atau membaca, sebelum mencoba kembali ke tempat tidur.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...