Jangan Mengonsumsi Vitamin D3 dan Kalsium Berlebihan, Akibatnya Fatal

Jangan Mengonsumsi Vitamin D3 dan Kalsium Berlebihan, Akibatnya Fatal
Direktur Utama RS Siaga Raya, dokter spesialis bedah ortopedi Isa An Nagib (jas putih) menjelaskan bagaimana dampak mengonsumsi vitamin D3 dan Kalsium secara berlebihan. Foto tangkapan layar zoom 

jpnn.com, JAKARTA - Kesehatan tulang penting dijaga agar tetap bisa sehat bekerja dan beraktivitas hingga tua. Namun sayangnya, banyak yang kurang memahami cara menjaga agar tulang tubuh bisa sehat.

Direktur Utama RS Siaga Raya, dokter Isa An Nagib, berbagi resep agar tulang tetap sehat hingga lanjut usia.

"Kuncinya adalah harus preventif, dalam arti pencegahan yang  lebih baik dibandingkan pengobatan," kata Isa An Nagib, dalam diskusi kesehatan secara daring yang digelar Soho Global Health, Kamis (28/7).

Salah satunya, ujar dokter Isa, mengonsumi makanan dengan kandungan kalsium yang cukup untuk kebutuhan harian. Kemudian, melakukan aktivitas dan berolahraga yang mampu menjaga kepadatan tulang. 

"Seperti bersepeda, lari, jalan, dan sebagainya," ujar dokter spesialis bedah ortopedi ini.

Selain itu, juga menghindari aktivitas dan kebiasaan yang mendorong percepatan dari pengeroposan tulang. Yakni, menghindari rokok, tidak mengonsumsi alkohol secara rutin, dan aktivitas negatif lainnya.

Kemudian, mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium. Namun, perlu dipastikan suplemen kalsium yang dikonsumsi mengandung Vitamin K2 dan Magnesium. 

Suplemen berfungsi sebagai salah satu filling atau pengisi dari tulang yang mengalami degenerasi, sehingga kondisi kesehatan tulang tidak cenderung tergerus terus.

Direktur Utama RS Siaga Raya, dokter spesialis bedah ortopedi Isa An Nagib menjelaskan bagaimana dampak mengonsumsi vitamin D3 dan Kalsium secara berlebihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News