Jangan Pikirkan Suaranya, Resapi Filosofinya

Jangan Pikirkan Suaranya, Resapi Filosofinya
MBAH SURIP. Menyadari suaranya tidak bagus, Mbah Surip kirim pesan khusus untuk masyarakat. Jangan persoalkan suara atau syairnya, tetapi filosofi lagunya... Enak to, mantep to...
Enak Donk, Mantep Dong…”. Kalimat yang tak lain adalah penggalan lirik lagu yang sudah akrab di telinga kita. Ya, apa lagi kalau bukan lagu milik Mbah Surip yang berjudul ‘Tak Gendong Kemana-mana’. Mbah, akrab disapa, musisi tua yang punya gaya Bob Marley. Lagu hitsnya yang membuming itu membuat Mbah dikenal dari kalangan Musisi sampai Mahasiswi.

Jangan bicarakan jam terbang dan jangan nilai kualitas suara Mbah Surip. Meskki begitu,  Mbah Surip punya nilai lebih dari musisi yang ada di negeri ini. Kenapa? Dengar saja suaranya, tak semerdu cowok tampan idola wanita yang kini lagi kena tuduhan kekerasan terhadap mantan istrinya, Pasha ‘Ungu’. Bukan cuma itu, gaya Mbah Surip terlihat ala Bob Marley. Rambut dread lock alias gimbal, corak pakaian yang nggak jauh dari warna merah, kuning, hijau membuat dirinya terlihat begitu menjiwai seorang tokoh reggae asal Jamaica itu.

Kita pun mengetahui, banyak musisi punya idola masing-masing. Bukan masalah jiplak-menjiplak, keren atau tidaknya, apalagi trendi, hanya saja idola yang dipuja mememiliki hubungan erat dengan jiwa. Begitu pun dengan Mbah.

Saking menjiwai dunia seni, Mbah makin tua makin jadi. Bukan sekarang ini saja Mbah dikenal masyarakat lantaran lagu andalannya, Mbah sudah melanglang buana dari tahun ke tahun di jagad seni. Cukup diketahui, banyak sudah album miliknya. Ya, cukup banyak ngelebihin Kangen Band.

“Enak Donk, Mantep Dong…”. Kalimat yang tak lain adalah penggalan lirik lagu yang sudah akrab di telinga kita. Ya, apa lagi kalau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News