Jangan Remehkan Berlari 15 Menit

Jangan Remehkan Berlari 15 Menit
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - Menurut sebuah penelitian baru, hanya 15 menit latihan pada satu waktu bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang suka keluar dan pergi untuk berlari. Hal ini meningkatkan suasana hati, cara itu baik juga untuk otot, tulang dan sendi, bahkan bisa memperpanjang usia kehidupan kita.

Namun penelitian baru menunjukkan bahwa ada alasan lain untuk berlari, yakni mungkin membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Penelitian yang muncul dalam jurnal Psychological Reports, meneliti 24 orang berusia 18 tahun hingga 35 yang berpartisipasi dalam empat sesi percobaan.

Untuk yang pertama, mereka harus mencoba menghafal kata-kata sebanyak mungkin dari dua daftar berisi 15 kata sambil tetap tidak bergerak.

Untuk tiga berikutnya, mereka berjalan di atas treadmill dengan intensitas sedang selama 15 menit sebelum, selama dan setelah menghafal daftar kata-kata.

Setelah menganalisis kinerja mereka, para peneliti menemukan bahwa para peserta mengingat kata-kata terbaik ketika mereka berjalan sebelumnya.

Menurut Paul Loprinzi, Ph.D., direktur Laboratorium Latihan dan Memori Universitas Mississippi dan salah satu penulis penelitian, latihan aerobik apa pun bisa meningkatkan memori jangka pendek dan panjang.

Kami telah mengevaluasi latihan intensitas sedang dan intensitas tinggi akut, dan telah menemukan bahwa keduanya bermanfaat untuk memori episodik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News