JPNN.com

Jangan Sepelekan Bahaya Kandungan BPA dalam Kemasan Plastik  

Kamis, 11 Juni 2020 – 16:03 WIB
Jangan Sepelekan Bahaya Kandungan BPA dalam Kemasan Plastik   - JPNN.com
Imbauan bebas BPA. Foto: shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - Istiliah BPA mungkin tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Bagi seorang ibu yang memiliki balita pasti kerap menemukan klaim BPA free atau bebas kandungan BPA pada wadah plastik untuk bayi.

Lantas, apa sebenarnya BPA itu? Mengapa ada klaim BPA Free?

Menurut penjelasan dari situs resmi Mayo Clinic, BPA atau Bisphenol-A merupakan salah satu zat kimia industri. Biasanya BPA digunakan untuk produksi plastik dan resin.

Zat kimia tersebut memiliki sifat beracun dan terindikasi dapat menyebabkan penyakit kanker. Oleh karena itu, sering muncul imbauan untuk tidak memanaskan makanan menggunakan wadah plastik yang mengandung BPA.

Apabila hal itu terjadi, proses tersebut menyebabkan sejumlah zat kimia dari kemasan akan terlepas dan masuk ke dalam makanan.

Studi baru bersumber dari Washington State University yang dimuat di situs Science Daily, BPA yang masuk ke dalam tubuh berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma bahkan mengubah fungsi imunitas tubuh.

Tak hanya itu, BPA juga berdampak pada peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, kelainan organ hati dan gangguan perilaku pada anak kecil. Inilah mengapa banyak produk bayi yang memberikan klaim bahwa produk mereka bebas dari BPA.

Jadi, sekarang sudah paham kan kenapa ada klaim BPA Free?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo