Jangan Takut! Ini Festival Holi, Pesta Warna

Jangan Takut! Ini Festival Holi, Pesta Warna
Warga India pose dalam Pesta Warna atau Festival Holi d Kuil Durgiana, Amritsar. Foto: AFP

jpnn.com - GOOGLE doodle hari ini penuh warna. Meriah banget. Semarak. Hari ini, google mendedikasikan tampilannya untuk Festival Holi. 

Ya, Holi atau festival warna merupakan pesta atau peringatan yang dilakukan oleh berbagai suku beragama Hindu. Pusatnya atau kebanyakan dirayakan merata di India.

Namun Nepal, Bangladesh, Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, hingga Fiji juga ikut bersuka cita dengan datangnya Festival Holi.

Festival ini merupakan ajang menyambut musim panas. Filosofinya yang ditanamkan tak jauh dari kemenangan, kebaikan melawan kejahatan. 

Aksi saling lempar bubuk atau tepung warna-warni dalam perayaannya, membuat festival ini juga dikenla dengan Pesta Warna.

Perayaan Holi sebenarnya tak kenal kalender. Namun biasanya berlangsung di bulan Maret, dan digelar bisa sampai 3 hingga 16 hari. 

Dari berbagai sumber dirangkum, Festival Holi atau Pesta Warna mengajarkan bagaimana menyambut datangnya hari esok yang penuh warna, optimisme, dan lebih baik. 

Semoga..hari esok lebih baik dari hari ini. (adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News