Jangan Terlalu Sering Konsumsi Mentega Jika Tidak Ingin Kesehatan Anda Bermasalah

Jangan Terlalu Sering Konsumsi Mentega Jika Tidak Ingin Kesehatan Anda Bermasalah
Mentega. Foto: MSN

jpnn.com, JAKARTA - MENTEGA sering digunakan dalam berbagai masakan untuk menambah rasa atau sebagai olesan untuk roti.

Namun, mengonsumsi mentega terlalu banyak bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan atau efek negatif untuk masalah kesehatan.

Pasalnya, dalam satu sendok makan mentega mengandung 100 kalori, 12 gram lemak, 7 gram lemak jenuh, 0,5 gram lemak trans, 31 miligram kolesterol, 0 gram karbohidrat, 0 gram gula.

Menurut laman Genpi.co, lemak jenuh dalam mentega inilah yang bisa meningkatkan lemak jahat LDL, dan tidak membuat lemak baik (HDL) makin meningkat.

Mentega juga tinggi kolesterol. Asupan tinggi kolesterol pernah dianggap sebagai faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Kekhawatiran ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan kadar kolesterol dalam darah tinggi, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Namun, sekarang jelas mendapatkan jumlah kolesterol yang tinggi dari mentega, tidak meningkatkan kadar darah tinggi pada kebanyakan orang.

Biasanya, ini menjaga kadar darah dalam kisaran normal, meskipun asupan yang sangat tinggi masih bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah yang tinggi.

Mengonsumsi mentega terlalu banyak bisa menimbulkan efek negatif untuk masalah kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News