Janji Manis Tiongkok soal Harga Vaksin COVID-19, Lebih Baik dari Amerika

Janji Manis Tiongkok soal Harga Vaksin COVID-19, Lebih Baik dari Amerika
Ilustrasi vaksin Covid-19. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah Tiongkok berjanji mendistribusikan vaksin COVID-19 ke negara-negara di seluruh dunia yang membutuhkannya dengan harga yang rasional.

"Vaksin dari berbagai negara masih dikembangkan. Tidak jelas berapa harganya. Tapi bagi Tiongkok sudah jelas. Kami akan memberikan vaksin kami kepada dunia sebagai barang kebutuhan publik global dengan harga yang fair dan rasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin dalam pernyataan tertulis yang diterima ANTARA, Kamis (1/10).

Pernyataan tersebut untuk menanggapi laporan bahwa vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok akan lebih mahal daripada yang diproduksi oleh Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Wang menampik laporan tersebut dengan menyatakan Tiongkok telah berjanji untuk menjadikan vaksin mudah diakses dengan harga terjangkau di negara-negara berkembang.

Tiongkok sedang berpacu dengan waktu dalam mengembangkan vaksin COVID-19. Setelah vaksin tersedia, akan segera dibagikan sebagai barang kebutuhan publik global.

Wang menambahkan bahwa Tiongkok akan memprioritaskan distribusi vaksin kepada negara-negara berkembang melalui berbagai cara, termasuk sumbangan dan bantuan gratis.

Tiongkok mengembangkan sedikitnya 11 jenis vaksin COVID-19, sebanyak sembilan di antaranya sudah memasuki uji klinis tahap ketiga di Tiongkok dan beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Kandidat vaksin yang dikembangkan Sinopharm dan Sinovac telah dipajang di salah satu anjungan pameran di Shanghai beberapa waktu lalu.

Pemerintah Tiongkok menjawab rumor yang menyebutkan harga vaksin produksi negara tersebut bakal dijual lebih mahal ketimbang milik Amerika dan Eropa

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News