Jasa Marga Targetkan Seluruh Gerbang Tol Gunakan T-pass

Jasa Marga Targetkan Seluruh Gerbang Tol Gunakan T-pass
Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman di gerbang tol Kalimalang II, Jakarta, Jumat (3/10). Foto: Yessy Astrada/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PT Jasa Marga telah meresmikan uji coba pembayaran tol secara otomatis bernama T-pass yang sebelumnya bernama E-toll pass di gerbang tol Kalimalang II, Jakarta, Jumat (3/10). Perusahaan BUMN operator jalan tol itu pun berharap masyarakat  segera beralih menggunakan sistem pembayaran otomatis atau T-pass.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan, alat itu akan mampu memangkas antrean panjang saat membayar tol. "Selama ini sensor bisa membaca 5-6 detik, yang baru menjadi satu detik. Jadi bisa kurangi antrean sekitar 20 persenan," ujarnya di gerbang tol Kalimalang II, Jakarta, Jumat (3/10).

Jasa Marga menargetkan hingga akhir tahun ini dapat memasang sistem T-pass di 10 lokasi di Jakarta. Namun, Jasa Marga masih mencari lokasi strategis untuk memasang T-pass. Targetnya, Jasa Marga bisa menjual 10 ribu on board unit (OBU).

"Tolong doakan sebelum akhir tahun kita akan pasang di sepuluh lokasi, kita akan cari dulu lokasinya yang betul-betul mobil itu tidak berhenti, karena lokasi kita cukup besar. Untuk tahun ini kita harapkan ada sepuluh toll gates (gerbang tol, red) dengan jumlah OBU sekitar 10 ribu dan kita harapkan ini akan cepat, karena kalau mau lebih cepat dan lebih hemat pakailah OBU ini," seru Adit.

Nah untuk pemasangan alat baru ini, pihak Jasa Marga tak lagi memungut tambahan biaya. Selain itu, dengan digunakannya T-pass ini perlahan kata Adit, pembayaran tol secara tunai bakal dihilangkan perlahan. "Tidak ada biaya lagi, gratis. Ya itu nanti bertahap akan hilang, nggak secepat itu (gardu pembayaran tol secara tunai)," tandasnya.

Lalu bagaimana nasib ribuan pengguna E-toll pass yang sudah memiliki alat OBU seharga Rp 650 ribu. Adityawarman menyatakan bahwa para pengguna E-toll pass tak perlu khawatir harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat OBU yang baru.

Adit menjanjikan Jasa Marga bakal mengratiskan ribuan pengguna E-toll yang sudah membeli OBU seharga Rp 650 ribu, dengan menukar alat itu dengan OBU yang baru. "Terpikir sepintas, yang sudah punya OBU saya akan ganti gratis, asalkan dia memiliki OBU yang lama," ujar Adit di sela acara uji coba T-pass.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Jasa Marga telah meresmikan uji coba pembayaran tol secara otomatis bernama T-pass yang sebelumnya bernama E-toll pass di gerbang tol


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News