Jatim Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilpres 2024, Sosok Nahdliyin Ini Paling Unggul

Jatim Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilpres 2024, Sosok Nahdliyin Ini Paling Unggul
Berdasarkan hasil riset Lembaga Indopol pada Juli 2022, nama Menko Polhukam Mahfud MD paling populer di kalangan Nahdliyin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 membuktikan Pulau Jawa menjadi penentu kemenangan. 

Tingginya jumlah pemilih membuat Jawa menjadi kunci untuk daya tawar pemenangan Pilpres 2024.

Pemerhati politik nasional Eric Hermawan mengatakan hal ini lantaran lebih dari setengah pemilih nasional terdapat di enam provinsi di Pulau Jawa.

Tiga provinsi, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Barat (Jabar), menjadi arena penentu pertarungan.

"Ada 70 juta lebih pemilih terdapat di tiga provinsi ini dari total 154 juta pemilih pada Pilpres 2019," ucap Eric, Sabtu (22/10).

Walau begitu, pemilih di Jawa Timur sangat memperhatikan sosok-sosok penting yang memiliki latar belakang yang berasal kalangan Nahdliyin.

Hal ini juga berimbas pada kemenangan kubu Jokowi-Ma’ruf Amin di Jatim pada tiga tahun silam karena efek animo warga NU yang memilih perwakilannya.

“Keberadaan calon dari representasi NU sangat terasa pengaruhnya dalam bentuk partisipasi suara mereka. Kita ingat saat Pilpres 2014 suara NU sempat terpecah dalam dua kubu dukungan,” tuturnya.

Dalam Pilpres 2024, pemilih di Jawa Timur sangat memperhatikan sosok-sosok penting yang memiliki latar belakang berasal dari kalangan nahdliyin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News