Jatim Didorong Jadi Contoh Daerah Bebas Korupsi

Jatim Didorong Jadi Contoh Daerah Bebas Korupsi
Jatim Didorong Jadi Contoh Daerah Bebas Korupsi
JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mendukung langkah Pemprov Jawa Timur dalam upaya pemberantasan korupsi. Bahkan, dia mendorong Jatim untuk menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangun wilayah bebas dari korupsi (WBK).

"Apa yang dilakukan Pemprov Jatim dalam pemberantasan korupsi salah satunya lewat sistem elektronik sejalan dengan kebijakan reformasi birokrasi patut diapresiasi. Saya berharap langkah Jatim ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain," kata Azwar di Jakarta, Senin (12/3).

Dijelaskannya, reformasi birokrasi dimaksudkan untuk menciptakan birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani. “Penetapan zona integritas dan wilayah bebas dari korupsi seperti yang dilakukan Pemprov Jatim ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan birokrasi yang bersih,” ucapnya.

Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu kementerian atau lembaga, provinsi, kabupaten, kota yang pimpinannya punya komitmen mencegah terjadinya korupsi. Di samping mempunyai program kegiatan pencegahan korupsi dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja yang menjadi tanggung jawabnya. Adapun Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada unit kerja pada ZI yang mempunyai indeks integritas tertentu dari hasil survei integritas dan telah mampu memenuhi indikator lain yang ditetapkan. (Esy/jpnn)

JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mendukung langkah Pemprov Jawa Timur dalam upaya pemberantasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News