Jatim Rekor Balapan Liar, Segini Korbannya

Jatim Rekor Balapan Liar, Segini Korbannya
Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Di akhir tahun 2015 ini Provinsi Jawa Timur (Jatim) tercatat menjadi wilayah paling rawan kecelakaan balapan liar di Indonesia. Menurut Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, ada 5 peristiwa yang menyebabkan 5 tewas dan 4 luka.

“Korban balapan liar ini 4 tewas di Mojokerto, 1 tewas di Surabaya, 2 luka di Bangkalan, 2 luka di Surabaya,” kata Neta S Pane dalam rilisnya, Kamis (31/12).

Urutan kedua, lanjutnya, Kota Jakarta, ada 4 peristiwa yang menyebabkan 4 tewas. Para korban tewas di Jakarta Barat 2 orang, di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara masing-masing 1 orang.

Daerah rawan kecelakaan maut balapan liar lainnya menurut catatan IPW adalah Jawa Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan Barat, Aceh, Jambi, Jawa Tengah, dan Yogyakarta masing-masing dua peristiwa. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Bengkulu, Bali dan Sumut masing-masing satu korban.

“Di tahun 2016 Polri tampaknya perlu bekerja keras untuk memerangi aksi balapan liar ini, jika tidak akan semakin banyak anak-anak remaja di negeri ini menjadi korban sia-sia di jalanan,” sarannya.

Secara nasional ujarnya, balapan liar masih menjadi pembunuh yang mengerikan bagi para remaja di jalanan sepanjang 2015. Ada 31 orang tewas dan 10 luka akibat aksi balapan liar yang sebagian besar korbannya adalah anak remaja.

IPW mencatat, hampir seluruh kota besar di Indonesia rawan aksi balapan liar. “Polisi sepertinya tidak mampu memberantas aksi balapan liar ini dengan tuntas. Akibatnya, korban tewas dan luka terus berjatuhan, baik dari para pembalap liar maupun masyarakat,” ujarnya.

Padahal, kata Neta, aksi balapan liar itu terjadwal, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu tengah malam hingga dinihari. Aksi ugal-ugalan balap liar ini banyak membuat kecelakaan, tabrakan, menabrak ataupun terjunggkal.

JAKARTA – Di akhir tahun 2015 ini Provinsi Jawa Timur (Jatim) tercatat menjadi wilayah paling rawan kecelakaan balapan liar di Indonesia. Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News